Welcome to Forum Targetku

nigelwong
Selasa, 24 Juli 2012 09:11

‘Properti Indonesia Bagaikan Gadis Seksi’

 Masuknya Indonesia ke dalam tiga negara pertama yang selamat dari terjangan krisis finansial global beberapa waktu lalu, membuat mata investor melirik bisnis properti Tanah Air. Namun, masih ada satu kendala, yakni kepemilikan properti oleh warga asing.

Menyoal kepemilikan asing, Rusmin Lawin menggarisbawahi bahwa Indonesia tidak menjual negara, tetapi menjual potensi bangsa. “Apa bedanya dengan menjual hasil tambang atau sawit? Di sisi lain kita lihat, perbankan yang merupakan nadi ekonomi sudah banyak dimiliki asing,” papar Sekretaris Jenderal Federasi Real Estat Internasional (FIABCI) Asia Pasifik ini.



Mengenai Undang-undang Pokok Agraria yang diwacanakan untuk diubah, Rusmin berharap pada kepala BPN yang baru. “Menurut saya, masalah perubahan UUPA bukan stuck, tetapi tidak menjadi prioritas,” katanya di sela acara ‘Konferensi Real Estate Indonesia 2012′ yang diselenggarakan Clariden hari ini (9/7).

Rusmin berharap, dengan konferensi semacam ini, orang dari luar negeri akan lebih paham hukum dan prospek properti Indonesia—bahwa sebenarnya dunia properti Indonesia tidak semenakutkan yang dibayangkan. “Saya pikir, ini adalah kesempatan yang baik untuk mempromosikan potensi properti Tanah Air,” katanya.

Terbukti, dari sekitar seratus orang yang hadir, imbuh Rusmin, 80% diantaranya berasal dari luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, China, Australia, dan lain-lain. “Ini bukti bahwa properti Indonesia sangat menarik, bagaikan sexy lady,” tegasnya.

Terkait beberapa pengembang Tanah Air yang membangun properti di luar negeri, seperti Ciputra, Lippo, dan Sinarmas, Rusmin mengatakan, Pemerintah seharusnya bisa ikut membantu para pengembang melebarkan sayapnya, seperti yang dilakukan Malaysia dan Cina belum lama ini.

“Malaysia membawa pengembang besar, sementara China ‘membawa’ landbank yang baik, akhirnya mereka ‘kawin’ dan bersinergi,” katanya. “Memang di dunia ekonomi global seperti sekarang, hal seperti ini tidak bisa dihindari,” pungkas Rusmin.

Login to post comments
only targetku