Welcome to Forum Targetku

nigelwong
Selasa, 09 Oktober 2012 20:47

Indonesia & Malaysia Kuasai 90% CPO Dunia

Jakarta - Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan meyakini bahwa Indonesia bisa membuat kesepakatan terkait masalah CPO dengan Malaysia.

Hal ini karena Indonesia dan Malaysia adalah 2 negara yang menguasai 90% produksi CPO di dunia.

"Belum, ini kita sedang bicara dengan Malaysia, jadi masing-masing merumuskan mekanisme," katanya di Kementerian Perdagangan Jakarta, Selasa (9/10/2012).

Indonesia dan Malaysia memang sedang diterpa isu tidak sedap mengenai CPO. Harga CPO yang terus anjlok membuat kedua negera tetangga ini ingin melakukan kesepakatan terkait suplai CPO ke pasar. Sejak 2 pekan terakhir harga CPO turun drastis ke level US$ 700-US$ 800 perton dibandingkan dengan sebelumnya yang mencapai US$1.100/ton.

"Kita dengan Malaysia itu 90% lebih produksi CPO dunia dan tentu saja berhadapan banyak dengan konsumen, jadi nantinya kemungkinan besar kita akan mengatur suplai CPO nantinya," katanya.

Selain harga yang semakin turun drastis, CPO Indonesia tertimpa isu yang tidak sedap. Kabarnya ada tuduhan dumping dari produk turunan CPO di Uni Eropa.

"Nah kita sudah koordinasi dengan eksportir yang dituduhkan. Dari 10 eksportir tertuduh, 6 diantaranya yang besar, kita minta untuk investigasi, nanti kita koordinasi seberapa jauh tuduhan ini dan apakah serius dan berdampak atau tidak," katanya.

Kabarnya di negara Prancis ada kampanye negatif yang mendiskriminasikan CPO. Indonesia dan Malaysia rencananya akan melawan kampanye tersebut karena merugikan produk CPO dari kedua negara.

"Kampanye namanya EPA non palm oil label di Prancis, kampanye itu sebetulnya nggak boleh, kita akan lawan dan berkolaborasi dengan Malaysia. Sama seperti dulu Indonesia dan Malaysia lawan kampanye EPA Amerika," tutupnya.

Login to post comments
only targetku