Welcome to Forum Targetku

nigelwong
Senin, 07 Mei 2012 13:34

Orang Indonesia Mulai Sering Belanja Online

source:detikinet.com

Jakarta - Seiring kian banyaknya pengguna internet di Indonesia, layanan belanja ritel secara online juga ikut tumbuh pesat mengikuti tingginya minat belanja online. Tren pertumbuhannya di tahun 2010 ini terbilang signifkan.

"Pertumbuhan ritel e-commerce akan terus mengalami peningkatan.

Peningkatannya cukup tinggi, tahun ini bisa mencapai 50%," kata Direktur Retail Service Nielsen Yongky Susilo dalam keterangan pers, Senin (13/12/2010).

Kehadiran toko online menjadi pesaing bagi peritel lainya yang sudah eksis seperti hipermarket, supermarket, minimarket, dan peritel tradisional. Namun Yongky tak melihat itu sebagai ancaman serius sebab perkembangan ritel bergantung pada minat konsumen. "Konsumenlah yang menentukan," ujarnya.

Jumlah toko online yang terdaftar di indoshopguide.com hingga tahun lalu mencapai 139 unit yang terbagi dalam 12 kategori toko online sesuai dengan barang yang dijual. Yongky menambahkan saat ini, memang pebisnis yang terjun di bidang online shopping adalah pelaku bisnis ritel yang memiliki dana minim, mengingat biaya untuk membuka gerai tak banyak.

"Kalangan dari mahasiswa juga kemungkinan banyak yang menggelutinya, pasarnya juga cukup potensial yakni di kalangan mahasiswa sendiri," ucapnya. Yongky mengakui konsumen ritel online memiliki segmen terbatas, lebih banyak konsumen yang berbelanja online dari kelas menengah ke atas dan yang melek lnternet.

Pertumbuhan toko online yang didukung oleh pertumbuhan jumlah pengguna Internet masuk akal karena penggunanya terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna Internet di Indonesia mencapai 45 juta.

Adapun, data dari Telkomsel pengguna internet tahun ini akan mencapai 57,8 juta pengguna dan menurut data internet-worldstats.com pengguna Internet di Indonesia pada tahun lalu mencapai 12,5% dari total populasi penduduk Indonesia atau setara dengan 30 juta pengguna.

Kendati akan tumbuh, lanjutnya, ketersediaan barang terbatas, mengingat barang yang diperjualbelikan terbatas juga. "Lebih banyak barang jenis pakaian bayi, anak-anak, maupun dewasa," katanya.

Untuk mempertahankan keberlangsungan penjualan secara online, Yongky mengatakan hal itu dapat terjadi jika sistem pembayaran online yang jujur dan dipercaya.

Sejumlah situs belanja online yang sudah cukup lama eksis di Indonesia seperti www.glodokshop.com dan www.glodok-elektronik.com, yang menjual berbagai produk elektronik dan perangkat rumah tangga. Situs belanja komputer seperti www. bhinneka.com bahkan masuk dalam jajaran 100 besar website Indonesia .

Adapun peritel online skala kecil menengah yang baru tumbuh seperti www.griyaendras.com yang menjual berbagai pelengkapan busana muslim, pakaian anak-anak, dan bayi lebih banyak membidik pasar rumah tangga dan reseller.

Menurut Endras Ismiyati, pemilik situs www.griyaendras.com, pihaknya memiliki omzet setiap bulannya sekitar Rp10 juta dan menargetkan jumlah kunjungan rata-rata 200 hit setiap harinya.

Berdasarkan data dari lembaga riset International Data Corporation (IDC), nilai perdagangan lewat Internet di Indonesia sepanjang tahun lalu mencapai US$3,4 miliar atau sekitar Rp 30 triliun. Penyedia layanan e-commerce di Indonesia baru mencapai 3% meski pengguna Internet diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan 169 juta orang lainnya Internet berbasis nirkabel.

Login to post comments
only targetku